Scroll to top

Peran Bollard Kapal Dalam Keamanan Pelabuhan


Tim Bollard - August 14, 2024 - 0 comments

Hallo hallo logam lovers. Kegiatan kalian pada bulan agustus ini apa saja guys? Daripada kegiatan kalian hanya rebahan saja, lebih baik meriahkan bulan kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan positif. Eh jangan salah, membaca artikel mimin juga termasuk kegiatan positif loh. Jadi jangan bosen-bosen membaca artikel dari mimin ya. Pada kesempatan kali ini, mimin akan membuat artikel tentang peran bollard dalam keamanan pelabuhan nih. Pasti kalian sudah kepo kan dengan kelanjutan artikel mimin? Yuk ikuti mimin terus, tapi jangan hati mimin ya!.

Pelabuhan adalah tempat yang terdiri atas daratan dan perairan dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang dan bongkar muat barang, berupa terminal dan tempat berlabuh kapal yang dilengkapi dengan fasilitas keselataman dan keamanan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi.

Nah, dalam sebuah pelabuhan tentunya sangat membutuhkan fasilitas untuk kapal bersandar. Salah satu fasilitas tersebut biasa disebut dengan mooring bollard. Mooring bollard dalam keamanan pelabuhan tentunya memiliki peran yang sangat penting dan sangat dibutuhkan. Kira-kira apa ya peran utama mooring bollard atau bollard kapal?.

Peran Bollard Dalam Keamanan Pelabuhan

Peran utama mooring bollard dalam pelabuhan yaitu menahan tali kapal dengan kuat, mencegah kapal bergeser atau terombang-ambing akibat arus atau angin. Dengan menahan kapal pada posisi yang tetap, bollard mengurangi resiko benturan antara kapal dengan dermaga atau objek lain di sekitarnya. Mooring bollard ini nantinya akan membantu meratakan distribusi beban kapal ke seluruh struktur dermaga, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada dermaga.

Selain itu, mooring bollard juga memberikan titik referensi yang jelas bagi nahkoda kapal untuk melakukan manuver sandar atau lepas sandar. Dengan adanya mooring bollard, nahkoda dapat mengontrol posisi kapal dengan lebih presisi. Ketika kapal berada dalam posisi yang stabil, tentunya dalam proses bongkar muat dapat dilakukan dengan lebih cepat dan aman. Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan manuver kapal dapat dipersingkat.

Itulah artikel edukasi mengenai peran bollard dalam keamanan pelabuhan dari mimin guys. Jadi, buat logam lovers yang sedang membutuhkan mooring bollard untuk pelabuhan maupun dermaga logam lovers bisa langsung memesan di Bollardtrotoar.com melalui Putra Sari Logam yang tentunya sudah berpengalaman dalam pembuatan bollard dengan kualitas yang bukan kaleng-kaleng. Logam lovers juga bisa custom bollard yang kalian inginkan guys karena kami selalu mengutamakan kebutuhan lapang pelanggan. Jadi tunggu apalagi? Yuk langsung saja lakukan pemesanan supaya tau bagaimana kualitas produk Putra Sari Logam. Langsung saja hubungi nomor yang ada di bawah ini:

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551 480 P : 0813 9300 6025

E :  marketing@bollardtrotoar.com

Related posts