Mengenal Jenis-jenis Bollard


Bollard Trotoar - 24 Desember 2019 - 0 comments

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata bollard? Apakah anda memikirkan suatu benda yang ada di sisi dermaga pada pelabuhan, ataukah sesuatu yang dipasang di sisi badan jalan umum? Tak bisa dipungkiri terdapat beragam pemikiran yang berbeda-beda mengenai bollard ini. Bollard pada dasarnya merupakan istilah yang dipakai untuk menamai benda yang berada di tepi/ sisi suatu tempat. Perlu diketahui pula bahwa keberadaan bollard memiliki keragaman jenis mengacu pada fungsinya. Untuk itu, agar tidak salah mengenali mana bollard yang dimaksud, maka mari ketahui jenis-jenis bollard yang ada di kehidupan sehari-hari berikut ini

Stand bollard (patok/ tiang pembatas trotoar)

Jenis bollard yang pertama adalah stand bollard. Bentuknya secara sekilas berupa tiang yang memiliki tinggi kurang lebih setengah dari tinggi orang laki-laki dewasa. Jenis bollard ini diaplikasikan di bagian luar badan jalan sebagai pembatas yang jelas akan keberadaan jalan dengan trotoar. 

Pemasangannya dilakukan secara berderet dengan jarak yang saling berdekatan. Hal ini bertujuan untuk memperkecil akses masuk trotoar sehingga dapat menghalau para pengendara sepeda motor, pesepeda, penjual dengan gerobak, tukang becak dll masuk ke trotoar. 

Bollard bola

Jenis bollard selanjutnya ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan stand bollard, hanya berbeda dari bentuknya saja. Jika stand bollard berupa tiang, seperti namanya jenis bollard yang satu ini memiliki bentuk bulat seperti bola. Ukuran diameternya sangat bervariatif, namun pada umumnya dihadirkan dengan ukuran yang cukup besar hingga terkadang banyak orang yang justru mengiranya sebagai tempat duduk.

Selain sebagai pembatas trotoar, bollard bola bisa juga menjadi komponen dekorasi penunjang tata kota. Pasalnya, ia bisa dihadirkan dalam bentuk dan desain yang atraktif, menarik, penuh warna dan lain sebagainya. 

Marine bollard/ bollard pelabuhan

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa bollard yang satu ini diaplikasikan di pelabuhan bukan? Ya benar, marine bollard atau sering disebut juga dengan nama mooring bollard/ ship bollard/ bolder bollard merupakan bollard yang digunakan di pelabuhan utamanya sebagai pelengkap fasilitas dermaga. 

Pemasangannya dilakukan dengan cara diangkur pada lantai sisi dermaga. Fungsinya sebagai tempat tambatan tali kapal saat bersandar/ berlabuh agar posisi kapal tetap terjaga dan tidak terombang ambing karena arus laut, angin, atau gelombang. Dari segi bentuknya sendiri, marine bollard yang sering digunakan adalah model bitt bollard, tee bollard, dan curve bollard

Bollard lampu 

Model bollard keempat merupakan sebuah inovasi yang mengkombinasikan stand bollard dengan komponen pencahayaan. Pada bagian atas stand/ tiangnya, ditambahkan lampu sehingga bollard ini memiliki fungsi ganda yakni sebagai tiang pembatas sekaligus juga penerangan. 

Tak hanya sekedar penerangan, namun lebih ke penghidup suasana suatu area agar terlihat lebih indah dan menarik. Untuk aplikasinya, bollard lampu sering digunakan di taman, trotoar, dan di area outdoor suatu bangunan seperti pada cafe, hotel, rumah sakit dll. 

Itulah 4 jenis bollard yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. Sebagai informasi tambahan, Bollardtrotoar.com menyediakan jasa pembuatan semua jenis bollard tersebut dari material logam coran terbaik. Apabila anda membutuhkannya, jangan sungkan untuk menghubungi dan mengkonsultasikannya kepada kami. Bollardtrotoar.com siap menghadirkan produk bollard berkualitas sesuai permintaan dengan harga yang sangat kompetitif.

Related posts