Bagaimana Cara Memilih Bollard Trotoar yang Tepat?


Bollard Trotoar - 26 Desember 2019 - 0 comments

Salah satu komponen yang paling penting dan dibutuhkan dalam upaya peningkatan fungsi trotoar adalah bollard trotoar. Bollard ini lah yang menjadi pelindung pejalan kaki yang melewati trotoar karena keberadaannya dapat mencegah pengendara kendaraan, pesepeda, tukang becak dll memasuki area pedestrian. 

Oleh karena itu, akan sangat penting untuk menentukan bollard trotoar yang tepat agar pemasangan bollard nantinya dapat berperan secara optimal dalam meningkatkan fungsi trotoar dan keselamatan serta kenyamanan berlalu lintas pada umumnya. Adapun tips-tips/ cara memilih bollard trotoar yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut

Pilih bollard berbahan besi cor

Secara umum terdapat jenis bollard trotoar yang paling sering digunakan, yakni bollard besi cor dan bollard beton cor. Namun dari kedua jenis tersebut, ada baiknya anda pilih bollard berbahan besi cor. Pasalnya, dari berbagai hal material besi cor lah yang paling unggul. Seperti pada tingkat kekuatannya yang sangat kokoh dan ketahanannya terhadap perubahan suhu. 

Baca juga: Bollard besi cor vs bollard beton cor

Selain itu, meski harga bollard beton cor relatif lebih murah, namun memilih bollard besi cor merupakan investasi yang tepat untuk memperoleh keuntungan hingga masa yang akan datang. Karena bollard besi cor dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama sehingga dapat meningkatkan efisiensi anggaran pengadaan, pemeliharaan maupun pembaharuannya.

Tentukan tinggi/ ukuran bollard sesuai aturan yang berlaku

Perlu diketahui bahwa bollard trotoar memiliki beragam bentuk. Umumnya dihadirkan berupa tiang dengan tinggi 1 meter. Selain itu terdapat pula tiang bollard yang lebih pendek, atau berbentuk bola, atau dilengkapi dengan penanda lain, dan lain sebagainya. Pada intinya apapun itu bentuknya, bollard trotoar harus dapat terlihat dengan jelas (tidak terlalu kecil) agar mudah dikenali oleh para pengguna jalan.

Perhatikan konsep/ desain bollard

Selain berfungsi melindungi para pejalan kaki, ternyata bollard juga sangat efektif untuk memperindah tata kota khususnya trotoar. Yakni apabila desain bollard dibuat menarik maka keberadaannya dapat mempercantik trotoar. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya, penataan trotoar di sana patut dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain. Disamping mengutamakan fungsional bollard, mereka juga sangat memperhatikan desain bollard trotoarnya. Bentuknya diinovasikan sedemikian rupa agar terlihat eye catching, menjadikan tampilan suatu kawasan lebih ikonik. 

Demikian tips dan cara memilih bollard trotoar yang tepat dari kami. Semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki kebutuhan bollard trotoar ini, jangan sungkan untuk mengkonsultasikannya kepada kami. Pasalnya, nantinya kami-Bollardtrotoar.com siap memberikan kualitas dan harga bollard terbaik untuk anda.

Related posts